Informasi Jurnalistik Marsa

Selasa, 31 Januari 2023

Debat Panas Kandidat Calon Ketua dan Wakil Ketua IPNU/IPPNU


 

   Selasa tanggal 31 Januari 2023 SMK Ma’arif 9 Kebumen mengadakan kegiatan Debat Kandidat Calon Ketua dan Wakil Ketua IPNU/IPPNU, dimana kegiatan ini diadakan dalam rangka untuk menunjukkan kemampuan – kemampuan para kandidat untuk menyelesaikan masalah – masalah yang sesuai dengan soal yang akan dipertanyakan nantinya pada saat acara debat kandidat dimulai.

   Acara Debat Kandidat tersebut dilaksanakan di Halaman depan sekolah, lebih tepatnya didepan Ruang Guru. Sebelum acara dimulai sudah terlihat semua para kandidat telah bersiap, mereka sudah belajar terkait pokok – pokok permasalahan dan jalan keluar atas permasalahan tersebut, mereka juga saling berbicara terkait kegiatannya nanti pada saat debat.

  


   Pada acara debat kandidat kali ini juga disaksikan oleh seluruh siswa dan siswi SMK Ma’arif 9 Kebumen, dimana semuanya duduk berbaris didepan panggung dengan pembatas kelasnya masing – masing untuk menyaksikan acara panas debat kandidat tersebut. Selaku Ketua IPNU yaitu Kak Wahyu Eko Prasetyo memberitahukan kepada semua kandidat akan jalannya kegiatan, dimana pada awal kegiatan tersebut ke 6 pasangan kandidat diharuskan berada dibelakang panggung debat, hingga adanya penyampaian acara selanjutnya dari Mc yang mengharuskan para kandidat untuk maju kedepan.

                          

   Setelah para kandidat telah diberitahukan hal penting seperti itu, dan tak lama setelah semua persiapan telah siap, para kandidat pun berada di belakang panggung debat kandidat, acara awal pun berlangsung, dimana pada pembukaan tersebut dibuka oleh kedua Mc yakni Ketua IPNU dan Wakil IPPNU yaitu Kak Wahyu Eko Prasetyono dan Kak Nurokhaetun dimana mereka membuka acara dengan mengucapkan salam lalu mereka juga membacakan Rundown acara Debat Kandidat tersebut, MC juga mempersembahkan ke 6 pasangan Kandidat IPNU/IPPNU dengan adanya bagian acara tersebut pun para kandidat maju kedepan diawali dari Pasangan Kandidat IPNU nomer 1 hingga yang terakhir yaitu paslon kandidat nomer 3 dari IPPNU, ke 6 pasangan kandidat IPNU/IPPNU pun duduk dikursi yang telah disediakan.


   Setelah para kandidat telah hadir dipanggung dan duduk dikursi yang menghadap kedepan para penonton Mc pun melanjutkan bagian acara selanjutnya, dimana pada bagian acara selanjutnya adalah sambutan dari Kepala SMK dan Waka Kesiswaan keduanya pun memberikan sambutan – sambutannya terkait kegiatan tersebut. Setelah keduanya telah memberikan sambutannya Mc pun menyampaikan acara selanjutnya yaitu Debat Kandidat Ketua dan Wakil Ketua IPNU/IPPNU dimana pada acara ini akan dimoderatori oleh Bapak Erwin Rosiandi, S.Pd. dengan adanya moderator pada acara debat, kedua Mc tersebut pun meminta maaf sebesar – besarnya apabila pada saat membawakan acara terdapat tutur kata yang tidak berkenan dihati.

 

 

    



   Sebelum Acara Debat dimulai, dimana Moderator pun membukanya dengan Puisi IPNU dan IPPNU, setelah beliau membuka acara tersebut dengan puisinya, beliau pun lalu berdiri diatas panggung didepan para penonton dan para kandidat, beliau juga selaku moderator memberikan peraturan – peraturan pada saat acara debat untuk para penonton dan para kandidat. Setelah peraturan –peraturan tersebut telah disampaikan acara debat kandidat pun dapat dimulai dimana pada acara debat dimulai dari kandidat IPNU dimana para kandidat IPPNU turun dari panggung, dan menyaksikan debat kandidat dari IPNU terlebih dahulu.



   Pada acara debat IPNU dan IPPNU pun sama, dimana mereka akan mengambil pertanyaan dari tempat soal, dimana pada pertanyaan pertama tidak boleh disanggah oleh kandidat yang lainnya, sedangkan untuk pertanyaan kedua yaitu Mosi dimana pada pertanyaan Mosi ini boleh disanggah oleh kandidat yang akan berdebat. Setelah IPNU telah selesai dengan acara debat panas antar kandidat,  acara selanjutnya pun dilaksanakan dimana pada saat selesai debat, baik itu dari kandidat IPNU dan IPPNU mereka harus menjawab pertanyaan dari para penonton, dan bagi penonton yang bertanya pada sesi tanya jawab tersebut akan mendapatkan amplop yang berisikan uang dengan nominal rahasia. Para penonton pun dibebaskan ingin memberikan pertanyaan tersebut untuk kandidat tertentu atau untuk diperebutkan, dan apabila mereka merasa kurang, maka mereka dapat menjawab pertanyaan kandidat tersebut kurang cukup. 

   Dan pada pengakhir acara, Moderator acara yakni Bapak Erwin Rosiandi, S.Pd. meminta maaf sebesar – besarnya kepada penonton semua, namun acara belum berakhir dimana pada bagian terakhir adalah pemberian hadiah kepada kelas yang menyimak dan paling tenang pada saat acara debat kandidat berlangsung, dan perwakilan kelas pun diharapkan maju untuk menerima hadiah tersebut. Selanjutnya acara debat kandidatpun selesai dan para penonton pun dapat meninggalkan tempat menyaksikan acara tersebut.



Tidak ada komentar:

Postingan artikel kami lainnnya yang mungkin anda sukai

Cerpen "Memungut Rintik Hujan"

  Cerpen "Memungut Rintik Hujan"      AKU KIRA, KEKACAUAN MEMANG TAK MESTI DIMULAI DARI SESUATU YANG BESAR DAN MENGERIKAN. SEBAB S...

Popular Posts