Informasi Jurnalistik Marsa

Senin, 23 Oktober 2023

Hal yang Dikira membuang Waktu ternyata punya manfaat luar biasa.

Hal yang Dikira membuang Waktu ternyata punya manfaat luar biasa.

 

Hal yang Dikira membuang Waktu ternyata punya manfaat luar biasa.

     Halo Sahabat Jurma semuanya, kembali lagi di artikel kami, dimana di artikel kali ini, mimin dari tim Jurnalistik Marsa akan membagikan artikel yang isinya merupakan hal - hal yang dikira membuang waktu ternyata punya manfaat luar biasa, hal - hal seperti apakah itu? 

     Tentunya mimin akan memberikan informasi terkait hal seperti itu, dan mimin harapkan dengan adanya artikel dengan judul "Hal - hal yang dikira membuang waktu ternyata punya manfaat luar biasa" Semoga dengan adanya artikel yang mimin buat ini, dapat bermanfaat bagi kita semuanya, nah ini dia Artikelnya untuk sahabat Jurma semuanya. 

1. Beribadah dan berdoa.

     Udah ditinggalkan oleh masyarakat dinegara sekuler karena dianggap buang – buang waktu. Padahal kalau kita rajin melakukan ibadah, rajin mendekatkan diri kepada yang Maha Kuat di jamin, kita bakal mendapatkan kekuatan sejati untuk bertarung dan berjuang.
     Apalagi selesai berdoa langsung disambung doa, efek menguatkannya bisa berkali-kali lipat.

2. Ngobrol sama orang yang udah tua.

     Banyak manusia modern yang anggapan orang tua itu kolot, kuno, nggak tahu perkembangan zaman, dan buang – buang waktu ngobrol sama mereka. Padahal mereka punya yang namanya “Kebijaksanaan Hidup” dan kebijaksanaan ini nggak bisa dicari di google bahkan nggak bisa dipelajari di Universitas.
     Jadi, coba deh luangkan waktu untuk ngobrol sama orang tua terutama mereka yang bijaksana biar kita dapat lebih memahami tentang kehidupan.

     3. Traveling ke tempat baru, terutama untuk yang masih muda.

     "Ngapain traveling? Buang – buang waktu dan duit aja!." Itu kalau kita traveling untuk cari foto dan pamer eksistensi di medsos, tapi kalau kita traveling untuk mempelajari kehidupan, buat belajar adat istiadat, budaya dan cara hidup masyarakat yang beda dari hidup kita.
     Supaya kita nggak kaget dengan perbedaan, dan ini bakalan bikin kita jadi lebih dewasa, apalagi traveling dengan budget terbatas, ini bakal ngelatih skill komunikasi dan survival kita ditanah asing.

4. Menulis Buku Harian.

     Sering mimin sebut dengan istilah Jurnal. Banyak orang berpikir, “ngapain nulis catatan harian? Kurang kerjaan aja!.” Padahal kalau kita rutin ngelakuin ini, kita justru jadi bisa evaluasi berbagai aktivitas yang kita lakukan, bisa belajar dari kesalahan dimasa lalu, dan bisa bersyukur dalam menjalani kehidupan. 
     Tokoh – tokoh Stoicism seperti Seneca dan Marcus Aurelius semuanya punya jurnal dan catatan harian, oleh karena itulah mereka selalu berkembang dan namanya semakin terkenal, dan dapat menjadi sosok inspiratif bagi banyak umat manusia.

5. Belajar hal yang belum kita bisa.

     Apalagi kalau benar – benar baru, atau bahkan dari nol. Banyak orang akan bilang “ngapain kamu baru mau belajar itu? Buang – buang waktu banget!.” Dan bahkan kita ngerasain hal sama pada saat mencoba belajar hal baru. Apalagi kalau masih belum jago, dan gagal – gagal terus dalam berproses.
     Tapi, sahabat Jurma semuanya kalau kita dapat berhasil melalui fase nggak jago ini, atau fase gagal ini, saat pada akhirnya kita bisa, kita akan level up dan akan dapat skill baru yang sebelumnya hanya bisa kita impikan dan bayangkan, dan sekarang udah bisa kita lakukan.
6. Taat Peraturan.

     Ada sebagian besar orang merasa menaati peraturan yang jelas – jelas bagus buat kepentingan bersama, seperti : Menyebrang di Zebra cross atau mandi sebelum masuk kolam renang sebagai hal yang merepotkan, buang – buang waktu nggak perlu dilakukan.
     “Ngapain jauh – jauh cari ditempat sampah? Mending buang disini aja!.” Ini adalah masalah utama orang – orang di Indonesia dan di negara berkembang. Coba kita lihat, dinegara maju, masyarakatnya taat peraturan sekali, dan mentalitas menaati peraturan ini perlu banget kalau kita mau maju.

7. Beramal dan membantu orang lain.

     Apalagi di zaman modern yang serba individualis seperti sekarang, melakukan kebaikan dianggap buang – buang waktu banget. Padahal menurut penelitian “Disaat kita dapat melakukan kebaikan membantu orang lain, secara otomatis otak kita akan merilis atau menghasilkan hormon dopamin endorfin dan serotonin yang dapat membuat kita merasa lebih bahagia dan bersyukur.
     Jadi, jangan ragu untuk berbuat kebaikan seperti : menolong orang yang kesusahan, ikutan donor darah, ikut bakti sosial, dan menyumbangkan sebagian harta yang kita punya. Karena hal inilah yang dapat membuat diri kita merasa lebih menjadi manusia.

     Nah sahabat Jurma semuanya, itulah dia artikel hal - hal yang dikira membuang waktu ternyata punya manfaat luar biasa, artikel ini mimin buat dan tulis, agar kita semua dapat melakukannya disaat memiliki banyak waktu ruang, dari pada dihabiskan untuk bermain game atau hanya rebahan saja. 
     Semoga dengan adanya artikel ini, kita dapat menjadi lebih baik terus kedepannya. Sekian artikel ini, mimin selaku tim Jurnalistik Marsa mengucapkan terimakasih kepada kalian yang telah membaca. 

Tidak ada komentar:

Postingan artikel kami lainnnya yang mungkin anda sukai

Cerpen "Memungut Rintik Hujan"

  Cerpen "Memungut Rintik Hujan"      AKU KIRA, KEKACAUAN MEMANG TAK MESTI DIMULAI DARI SESUATU YANG BESAR DAN MENGERIKAN. SEBAB S...

Popular Posts