Informasi Jurnalistik Marsa

Rabu, 11 Januari 2023

Sejarah Singkat Organisasi Jurnalistik Marsa

Foto-Para-Pendiri-Jurnalistik-Marsa
Para Pendiri Jurnalistik Marsa


 Sejarah Singkat Organisasi Jurnalistik Marsa. Organisasi Jurnalistik Marsa adalah organisasi yang dibentuk atas inisiatif dari Bapak Aji Priyo Utomo, S.Pd. dimana pada saat itu beliau ditugaskan untuk menjadi pengajar di ekstrakulikuler Publik Speaking (ekstrakulikuler baru di Marsa tahun 2022) dimana beliau mengajarkan kami hal – hal terkait Jurnalistik, seperti berpidato, cara mencari informasi terkait berita, cara editing gambar, bercerita tentang pengalamannya, dan lain sebagainya.

 Ekstrakulikulerf Publik Speaking tersebut dimulai sejak tanggal 2 Agustus 2022, beliau pun mengembangkannya serta berkordinasi kepada semua siswa dan siswi yang mengikuti ekstra tersebut, dari awal mungkin hanya membuat struktur seperti Ketua Organisasi, Wakil, Sekretaris, Bendahara, dan Divisi – Divisi didalam organisasi ini. Beliau lalu mulai memberikan motivasi, masukan yang dapat mensuggesti para Pendiri Organisasi ini, lalu beliau juga memberikan masukan untuk membuat Proposal Pendirian Organisasi Jurnalistik Marsa kepada Ketua Organisasi, sehingga semua aktivitas organisasi apabila membutuhkan bantuan pihak sekolah, pihak sekolah dapat membantu organisasi ini.
Foto-Ketika-Briefing
Foto ketika sedang briefing



     Adapun Struktur Pendiri sekaligus Pengurus Jurnalistik Marsa Angkatan 1 yakni sebagai berikut :
Pembina Organisasi : Pak Aji Priyo Utomo, S.Pd.
Ketua Organisasi : Mokhamad Ridho
Wakil Ketua : Catur Wijiyanto
Sekretaris 1 dan 2 : Ulfa Muyasaroh(1) dan Tri Noviyanti(2)
Bendhara 1 dan 2 : Novi Ananda(1) dan Ulfatun Khasanah(2)
Pembagian Divisi - divisi pada pengurus Jurnalistik Marsa yang pertama yaitu :
Divisi Artikel : Mokhammad Ridho, dan Ulfa Muyasaroh. 
Divisi Liputan : Mokhamad Ridho, dan Ahmad Rianto. 
Divisi Editor : Tri Noviyanti, Novi Ananda, Catur Wijayanto, Mokhammad Ridho dan  Ulfatun Khasanah. 
Divisi Publik Speaking : Aulia Agustiani, Ulfa Muyasaroh, dan Mokhamad Ridho.
Divisi Dokumentasi : Afril Lia Hanifa, Khasna Kumala, Gifari Ázhar, Ayu dan Novia Anggraeni.
Divisi Publikasi : Khasna Kumala, dan Afril Lia Hanifa.

Organisasi ini pun diterima dengan baik oleh pihak sekolah setelah organisasi ini menyerahkan Proposal permohonan peresmian Organisasi kepada pihak sekolah, dan organisasi ini pun resmi pada tanggal 2 Desember 2022 pada hari ke-5 diadakannya penilaian Akhir Semester 1 dan Penilaian Sumatif 1dimana Pembina Organisasi lah yang menyerahkan proposal tersebut, karena para pengurus sedang belajar untuk hari terakhir diadakannya Penilaian Sumatif 1.

     Dengan  resminya organisasi Jurnalistik Marsa, dan adanya struktur tersebut, serta tugas – tugas diorganisasi,  para pengurus pun melakukan tugas pertamanya yaitu meliputi, mewawancarai dan memposting perlombaan yang ada dikegiatan Class Meeting dalam rangka Healing bersama setelah Penilaian Semester 1 dan Penilaian Sumatif 1 di SMK Ma’arif 9 Kebumen, pada tanggal 8 – 19 Desember 2022 dimana Lomba pada saat itu sangatlah beragam, sehingga mau tak mau semua para pengurus diharuskan berkerjasama dengan baik untuk saling meringan beban tugas yang ada diorganisasi. Dan pada awal penugasan para pendiri sekaligus pengurus sudah melakukan tugasnya dengan baik, dan hanya perlu perbaikan disetiap kesalahannya, dengan asas kekeluargaan, dan kebersamaan, membuat setiap kumpul dan latihan organisasi terlihat menyenangkan dan  organisasi ini pun berkembang dengan perlahan, terlebih lagi dengan adanya lomba – lomba yang ada di media sosial yang diikuti oleh organisasi ini, membuat organisasi ini memiliki pengalaman, bagaimana membuat Artikel yang baik, cara memotret yang baik, dan cara agar dapat membuat karya agar sesuai dengan tema perlombaan, sungguh pengalaman – pengalaman yang belum tentu ada di Organisasi lainnya, dimana organisasi ini juga mengajarkan cara menjadi seorang Jurnalis yang sesuai dengan bakat dan minat para siswa.

     Tempat Kerja para pengurus :
Tempat kerja para pengurus organisasi Jurnalistik Marsa adalah Perpustakaan SMK Ma’arif  9 Kebumen, dimana perpustakaan  sekolah dibebaskan untuk membuat artikel, briefing, editing, latihan, dan sebagainya tetapi harus sesuai dengan semua peraturan  - peraturan yang berlaku, supaya tidak menimbulkan konflik pada saat kumpul organisasi. tempat selanjutnya yaitu tempat terjadinya kegiatan/ tempat adanya hal menarik untuk diliput ( Terjun Ketempat kejadian) sehingga dengan adanya hal tersebut, Divisi Reporter dan Artikel juga perlu siap karena terkadang terdapat hal seperti peristiwa/ kegiatan, hal menarik lainnya perlu ikuti mengamati, agar tidak terjadinya kesalahan informasi terhadap objek dan topik yang sedang dibicarakan. Sehingga organisasi ini sangat berguna untuk para siswa dimasa yang akan datang, kami pun sebagai pendiri dan pengurus mulai berlatih dengan sungguh – sungguh untuk proyek dan program kerja dikemudian hari yang akan datang dan akan kami garap. Sekianlah Sejarah Singkat Organisasi Jurnalistik Marsa, dan kami ucapkan terima kasih kepada pembaca dan sahabat Jurnalistik Marsa, karena sudah meluangkan waktu untuk membaca Artikel ini.



Tidak ada komentar:

Postingan artikel kami lainnnya yang mungkin anda sukai

Cerpen "Memungut Rintik Hujan"

  Cerpen "Memungut Rintik Hujan"      AKU KIRA, KEKACAUAN MEMANG TAK MESTI DIMULAI DARI SESUATU YANG BESAR DAN MENGERIKAN. SEBAB S...

Popular Posts