Informasi Jurnalistik Marsa

Kamis, 19 Oktober 2023

Rangkuman Materi IPAS Komponen PETA.

 Rangkuman Materi IPAS Komponen PETA. 


     Hai Sahabat Jurma dimana pun kalian berada, kembali lagi di artikel Jurnalistik Marsa, dimana di artikel kali ini mimin akan membagikan artikel yang isinya tentang rangkuman materi komponen peta. Dan inilah dia rangkuman materi IPAS Komponen Peta. 

     Peta memiliki susunan komponen yang merupakan syarat pada peta agar dapat dikatakan baik dan bisa digunakan secara luas. Nah jadi komponen peta sifatnya wajib ada dipeta, agar  peta benar - benar bisa digunakan. Adapun komponen - komponen peta antara lain yaitu :


1. Judul Peta. 

     Merupakan komponen yang menunjukkan isi pokok dari apa yang ditampilkan peta judul peta terletak dibagian atas jenis peta. Judul peta harus ditulis dengan huruf kapital semuanya. 


2. Skala Peta

     Skala Peta digunakan untuk mengetahui ukuran sebenarnya gambar pada peta. Skala pada peta bisa dibuat berbagai macam yakni : Skala Pecahan, Skala Verbal, dan Skala Grafis. 


3. Garis Lintang. 

     Merupakan garis yang melintang terhadap sumbu barat ke timur. Garis Lintang merupakan garis yang menentukan wilayah pada iklim dipermukaan bumi. 


4. Garis Bujur. 

Merupakan garis yang membujur dari arah utara ke Selatan. 


5. Inset Peta. 

Inset Peta memiliki fungsi untuk memperjelas beberapa informasi dari peta utama. 


6. Legenda. 

Legenda adalah bagian yang berisikan keterampilan tentang simbol - simbol yang terdapat pada peta. 


7. Sumber Peta

Fungsi sumber Peta yakni berisikan tentang pihak yang membuat peta dan mengedarkan peta. 


8. Lettering. 

Lettering merupakan komponen yang isinya adalah semua tulisan atau angka yang lebih memperjelas arti dari simbol - simbol peta. 


9. Garis Tepi

Garis tepi berfungsi untuk menolong atau memudahkan dalam membuat peta pulau agar tepat ditengah - tengah


10. Garis Astronomi. 

Garis Astronomi memiliki fungsi yakni untuk menentukan lokasi pada suatu tempat. 


Nah Sahabat Jurma semuanya, itulah dia artikel kami yang isinya adalah Rangkuman materi IPAS komponen Peta, semoga berguna dan bermanfaat bagi kalian yang diberikan tugas merangkum materi Komponen Peta. Sekianlah artikel ini dari kami, apabila terdapat masukan atau kritik silahkan untuk memberikan komentar kalian di kolom komentar


Tidak ada komentar:

Postingan artikel kami lainnnya yang mungkin anda sukai

Cerpen "Memungut Rintik Hujan"

  Cerpen "Memungut Rintik Hujan"      AKU KIRA, KEKACAUAN MEMANG TAK MESTI DIMULAI DARI SESUATU YANG BESAR DAN MENGERIKAN. SEBAB S...

Popular Posts