Informasi Jurnalistik Marsa

Kamis, 02 Februari 2023

Kegiatan Parenting Wali Kelas XII Dan Sosialisasi Ujian Kelas XII Di SMK Ma’arif 9 Kebumen

 

Ketika-Parenting

    Kamis, tanggal 2 Februari 2023 SMK Ma’arif 9 Kebumen mengadakan kegiatan Parenting untuk Wali Kelas 12 dan Sosialisasi terkait Ujian kelas 12. Kegiatan tersebut dilakukan dalam upaya agar Wali Siswa benar – benar mengawasi anaknya serta memberikan motivasi kepada anaknya agar lebih giat dalam belajar untuk mengikuti Ujian kelas XII yang akan datang baik Ujian Keahlian, Ujian Nasional, Dan lain – lainnya, dalam kegiatan ini pihak sekolah juga telah mengundang seorang ahli dibidangnya yakini, Bunda Rofiah Akbar M.Psi. yang merupakan selaku Owner Airvision Psyhology dengan dihadirkan tokoh tersebut pun diharapkan para wali siswa kelas 12 menjadi sadar akan tugasnya dan dapat benar – benar dapat mengawasi serta memotivasi anaknya agar semangat dalam belajar untuk Ujian yang akan datang. 

Baca Juga : Sejarah Organisasi Jurnalistik Marsa

    Sebelum kegiatan dimulai, para hadirin (Wali Siswa kelas 12) melakukan pengisian kehadiran di meja list kehadiran, dimana untuk list kehadiran para wali kelas telah dibuat 1 kelas 1 list kehadiran, hal tersebut dilakukan untuk menghindari ramainya antrian, setelah para hadirin telah mengisi list kehadiran, maka mereka diberikan masing – masing snack oleh panitia bagian Komsumsi, dimana seluruh panitia dalam kegiatan ini merupakan para guru serta karyawan/wati disekolah.

     Menyanyikan-Indonesia-RayaKetika-Bernyanyi


   Setelah para hadirin telah diberikan Snack, maka mereka pun diarahkan untuk duduk ditempat yang telah disiapkan untuk para hadirin mereka pun lalu duduk sembari menunggu kegiatan tersebut dimulai, mereka menunggu hingga pukul 08.00 dimana pada pukul tersebut kegiatan Parenting Wali Kelas Dan Sosialisasi Kelas 12 pun dimulai dengan awalan pertama yaitu Pembukaan oleh Mc yakni Bapak Rahmat Budianto, S.Pd. sekaligus Pembacaan doa oleh Bapak K. Nasrudin, S.Ag. agar kegiatan tersebut lancar, setelah membuka dan berdoa akan kelancaran kegiatan tersebut selanjutnya Mc pun mempersilahkan para hadirin agar berdiri menyanyikan Lagu Indonesia Raya dipimpin oleh Bu Intan Kartika Sari, S.Pd. para hadirin pun berdiri dengan bernyanyi Lagu Indonesia Raya setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya para hadirin dikenankan duduk kembali. Kemudian setelah menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya, bagian acara selanjutnya yaitu Sambutan.

Baca Juga : Visi dan Misi Kandidat IPNU/IPPNU

   Pada bagian sambutan ini diisi oleh Kepala SMK Ma’arif 9 Kebumen yakni Bapak Hasyim Asngari, S.Pd.I dan Komite Sekolah Bapak Dr.H. Imam Satibi, M.Pd.I sambutan pertama pun diberikan oleh Kepala SMK Ma’arif 9 Kebumen dimana beliau memebrikan informasi terkait maju pesatnya SMK Ma’arif 9 Kebumen yang membuat Jurusan baru yaitu Teknik Sepeda Motor, adanya bantuan gedung baru dari pemerintah seharga 800 juta, pembelian tanah, pembuatan jurusan baru yaitu Teknik Sepeda, Gratis biaya sekolah bila 3 anak telah bersekolah d iMa’arif 9 dan lain – lainnya yang sangat amat banyak, sekaligus sambutan dan pesan agar wali kelas benar – benar mengawasi anak – anaknya agar mempersiapkan untuk ujian yang akan datang.

    Sambutan kedua diberikan oleh Komite Sekolah, dimana beliau memberikan sambutan dengan menambahi apa yang diberikan oleh Kepala Sekolah, dikemas secara santai danhumor membuat para hadirin tertawa, dan tidak kalah beliau juga berpesan jangan sampai kita meninggalkan generasi yang lemah, dan beliau juga berpesan apabila ingin melanjutkan silahkan melanjutnya kuliah di Perguruan, karena diperguruan terdapat biaya yang cukup murah, dan beliau juga berharap agar para wali siswa 12 benar – benar memotivasi, mendampingi dan mengawasi anaknya agar dapat lulus 100%, karena SMK Ma’arif 9 Kebumen dari awal berdiri hingga kini lulus 100%.

Baca Juga : Kegiatan Classmeeting

    Setelah Sambutan – sambutan telah disampaikan, MC pun melanjutkan bagian acara selanjutnya yaitu Pareting Wali Kelas 12 oleh Bunda Rofiah Akbar selaku owner Airvision Psyhology, dimana acara Parenting tersebut dipimpin oleh Bapak Aji Priyo Utomo, S.Pd. selanjutnya acara pun diambil alih oleh Pak Aji, selaku Moderator acara Parenting sebelum acara parenting dimulai Moderator pun menyampaikan beberapa informasi biodata umum dari Bunda Rofiah Akbar. Setelah menyampaikan hal itu, Moderator pun mengundang Bunda Rofiah Akbar untuk mengisi acara Parenting.

Gambar Bunda Rofiah Akbar


    Acara Parenting pun diisi oleh Bunda Rofiah Akbar, dimana beliau menyampaikan beberapa materi yang berisikan mengapa bisa terjadi hal – hal negatif dikalangan remaja, mengapa remaja melakukan hal tersebut seperti meminum minuman beralkohol, sering pulang malam, berkata kasar,dan hal negatif lainnya yang dilakukan para remaja, selain menyampaikan hal tersebut beliau juga tips bagaimana anak menghindari hal tersebut, cara agar menjadi orang tua yang baik bagi para anaknya, cara memahami dan mendidik anak, dan lain – lain sebagainya beliau bahkan menceritakan pengalaman beliau yang ditugaskan untuk bersosialisasi kepada anak yang bermasalah dan berperilaku buruk, beliau pun mengajarkan para wali akan solusi dari pengalamannya menyelesaikan masalah anak – anak tersebut yaitu diharapkan orang tua benar – benar mendampingi anaknya dan memberikan kalimat – kalimat positif, karena anak benar – benar membutuhkan yang namanya perhatian, lalu beliau berpesan “Mulailah dari hal yang terkecil yaitu makan bersama sehari 1 kali, terserah mau sore atau malam, namun ya terus dilakukan setiap hari” hal tersebut dapat dicoba oleh para wali, karena pada saat makan bersama anak – anak dapat lebih releks sehingga ketika mereka ditanya mereka akan menjawab sehingga mereka akan sedikit terbuka kepada kita.




Sesi-Tanya-JawabKetika-tanya-jawab
Tanya-jawab

  Setelah menyampaikan semua materi, moderator pun melanjutkan sesi selanjutnya yaitu sesi tanya jawab dimana terdapat 3 hadirin yang bertanya, dimana mereka bertanya akan keluh kesahnya selaku wali siswa dan beberapa masalah yang mereka butuhkan solusinya agar dijawab oleh Bunda Rofiah Akbar

    Bunda Rofiah Akbar pun menjawab semua pertanyaan tersebut dan solusi dari permasalahan yang ditanyakan oleh para wali, setelah semua pertanyaan telah selesai dijawab oleh Bunda Rofiah Akbar, maka Mc pun mengucapkan terimakasih kepada Bunda Rofiah Akbar dan Bapak Aji Priyo Utomo yang telah ngobrol dan memoderatori acara Parenting tersebut, dan MC pun menyampaikan bahwa kita telah sampai di bagian acara terakhir yaitu Penutup, dimana sebelum kegiatan ditutup, MC meminta maaf sebesar – besarnya apabila ada kesalahan dalam memandu acara, dan acara pun selesai pukul 12.02.


                                                                                                                                             


1 komentar:

Defano Gifaaj mengatakan...

Sehabis acara ini, entah orang tua ku emang benar benar belajar atau bagaimana tiba tiba sikapnya berubah drastis kepada saya, dan dengan saya membaca ini seolah berterima kasih ke Sekolah karen telah membuat kegiatan Parenting ini, Bismillah aku bisa untuk Ujian yang akan datang

Postingan artikel kami lainnnya yang mungkin anda sukai

Cerpen "Memungut Rintik Hujan"

  Cerpen "Memungut Rintik Hujan"      AKU KIRA, KEKACAUAN MEMANG TAK MESTI DIMULAI DARI SESUATU YANG BESAR DAN MENGERIKAN. SEBAB S...

Popular Posts