Informasi Jurnalistik Marsa

Sabtu, 20 Mei 2023

Mengenal Alat Ukur Cylinder Bore Gauge.

 Mengenal Alat Ukur Cylinder Bore Gauge. 

     Assalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh Sahabat Jurma semuanya, semoga kalian semua selalu berada dalam keadaan sehat dan bahagia selalu ya. Nah seperti judul artikel diatas, kami dari tim Jurnalistik Marsa akan menyampaikan informasi terkait alat ukur Cylinder Bore Gauge, baik pengertiannya, bagian - bagiannya hingga bahkan sampai fungsinya.

     namun sebelum kita membahas hal ini, mimin mewakilkan tim Jurnalistik Marsa meminta dukungan dari sahabat Jurma semuanya, agar kalian mau mendukung akun media sosial kami di Instagram yakni jurnalistik.marsa.22 , tak lupa juga kami meminta dukungan kalian dengan cara mensubcribe channel youtube kami yakni : Jurnalistik Marsa, untuk link klik disini


Pengertian dan fungsi Cylinder Bore Gauge. 

     Alat ukur Cylinder bore gauge adalah alat ukur yang menggunakan dial indikator untuk mengukur diameter silinder, ataupun komponen lainnya, secara teliti salah satunya seperti lubang dudukan poros. dalam menggunakan alat ukur ini, Cylinder Bore Gauge tidak dapat beroperasi sendiri saja, melainkan alat ini membutuhkan alat ukur lainnya yakni Jangka Sorong/vernier calipers dan Mikrometer. oh iya sahabat Jurma ketelitian alat ukur Cylinder bore gauge adalah 0,01m, jadi hasil pengukurannya sangat akan teliti dan tepat. 


Bagian - bagian pada Cylinder bore gauge dan fungsinya. 


     setelah kita tahu fungsi dan pengertian alat ukur cylinder bore gauge, maka langkah selanjutnya yang akan kita lakukan adalah, belajar bagian - bagian pada alat ukur cylinder bore gauge dan fungsi dari bagian tersebut. 

1. Dial gauge : adalah bagian yang digunakan untuk mengetahui hasil pembacaan hasil pengukuran. 

 2. Grip : Pada bagian grip digunakan untuk mengangkat ataupun memegang dial gauge. 

3. Dial gauge securing position : adalah bagian yang berfungsi untuk mengatur posisi pada dial indikator.
 
4. Replace rod/anvil : adalah alat yang digunakan untuk menambah panjang bidang sentuh pada silinder yang akan menyentuh bidang ukur pada silinder. 

5. Replacement washer : adalah bagian 
alat untuk menambah kepanjangan rod. 

6. Measuring point : bagian titik poin pengukuran. 

     Nah setelah kita mengetahui bagian - bagian dan fungsi dari alat ukur Cylinder bore gauge ini, tentunya kita tidak akan bingung lagi dalam mengoperasikan alat ukur Cylinder bore gauge ini, sehingga sahabat Jurma dapat menggunakan bagian - bagian pada Cylinder bore gauge ini dengan baik saat berkerja ataupun belajar. Namun tentunya sebelum menggunakan alat ukur ini, kita harus melakukan kalibrasi terlebih dahulu pada alat ukur Cylinder bore gauge, dan caranya adalah sebagai berikut ini : 
1. Siapkan Vernier Calipers dan Mikrometer (75 - 100), benda yang berdiameter dalam berkisaran 75-100mm, serta kain. 
2. Bersihkan terlebih dahulu alat ukur dan benda yang akan diukur menggunakan kain. 
3. Setelah itu, ukurlah diameter dalam benda menggunakan Vernier Calipers, setelah diukur, hasil pengukurannya dikunci, agar tidak berubah hasil pengukurannya. 
4. Kemudian set outside mikrometer sesuai hasil pengukuran diameter dalam benda yang telah diukur. 
5. Gunakan fungsi lock clamp
6. Masukanlah rod pengukur kedalam outside mikrometer
7. Setlah jarum panjang dial indikator pada angka 0.
8. Cylinder bore gauge telah berhasil dikalibrasi dan siap digunakan.

     Nah sahabat Jurma semua, itulah dia Artikel terkait belajar mengenal alat ukur Cylinder Bore gauge, baik pengertian dan fungsinya, bagian - bagiannya, dan juga cara melakukan kalibrasinya.  Kami dari tim Jurnalistik Marsa mencukupkan pada artikel ini, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. 

Tidak ada komentar:

Postingan artikel kami lainnnya yang mungkin anda sukai

Cerpen "Memungut Rintik Hujan"

  Cerpen "Memungut Rintik Hujan"      AKU KIRA, KEKACAUAN MEMANG TAK MESTI DIMULAI DARI SESUATU YANG BESAR DAN MENGERIKAN. SEBAB S...

Popular Posts